Terapi Bunga Rosella untuk Menurunkan Hipertensi dan Hiperlipidemia pada Pasien Dewasa

Terapi Bunga Rosella untuk Menurunkan Hipertensi dan Hiperlipidemia - Masih tidak percaya dengan khasiat Bunga Rosella? Bagi Anda yang masih belum percaya tentang khasiatnya, berikut ini kami publikasikan tentang penelitian bunga rosella oleh Ibu Lilis Lismayanti dari STIKES Muhammadiyah Tasikmalaya tentang Terapi Rosella (Hibiscus Sabdariffa Lin) untuk Menurunkan Hipertensi dan Hiperlipidemia pada Pasien Dewasa.

Berikut abtrak penelitiannya:
Pendahuluan: kemanjuran dan khasiat Rosella sebagai suplemen kesehatan telah banyak dikenal terutama sebagai antioksidan karena mengandung phenolic alami, ascorbic acid, fruit acid dan anthocyanin. Anthocyanin mempunyai manfaat positif terhadap kesehatan, yaitu dapat bekerja bersama antioksidan dan mempunyai efek menurunkan penyakit jantung koroner dan kanker. Berbagai penelitian telah dilakukan baik pada hewan dan manusia dengan menggunakan teknik in vivo dan in vitro. Secara signifikan ditemukan terapi Rosella mampu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik dan bekerja dengan efektivitas yang sama dengan antihipertensi dan tolerability 100% dan mampu menurunkan kadar trigliserida, menurunkan resiko aterosklerosis, meningkatkan kadar HDL dalam darah dan menurunkan berat badan.
Tujuan: untuk mengeksplorasi efek terapeutik Rosella terhadap hipertensi dan hiperlipidemia berdasarkan hasil – hasil penelitian yang telah dilakukan dan dipublikasikan.
Metode : Metode penelitian menggunakan studi kepustakaan melalui artikel / jurnal penelitian sebagai sumber data yang didapatkan dengan menggunakan seacrh engine Proquest dan EBSCO : CINAHL, MEDLINE dan NURSING CENTRE menggunakan kata kunci Hibiscuss OR Roselle AND Hipertension.
Hasil: Hasil menunjukkan adanya pengaruh terapi Rosella terhadap hipertensi dapat menurunkan tekanan darah sistole dan diastole, tolerability 100% dan sama efektifnya dengan obat penurun tekanan darah baik Rosella diberikan dalam bentuk ekstrak/serbuk maupun dalam bentuk teh. Dampak terapi Rosella terhadap hiperlipidemia antara lain dapat menurunkan kolesterol plasma dan kadar glukosa plasma menurunkan level serum trygliserida, meningkatkan HDL dan menurunkan resiko atherosclerosis, menurunkan berat badan dan dapat menghambat proses diferensiasi adipocyt dari 3T3-L1 preadiposit yang dirangsang oleh insulin, deksametasone dan isobutylmethylxanthine dan perubahan apolipoprotein A1 dan lipoprotein.
Kesimpulan : penelitian dengan jumlah sampel yang lebih besar diperlukan untuk mendapatkan bukti yang lebih kuat, waktu terapi yang lebih lama juga diperlukan untuk mendapatkan hasil terapi yang lebih akurat. Masih banyaknya penelitian yang menjadikan sampel hewan (tikus) dengan hasil signifikan belum dapat dijadikan dasar untuk mengeneralisir hasil efek yang sama pada manusia.
Jika Anda ingin membaca lebih detail tentang jurnal penelitiannya bisa di download DISINI.

Dari keterangan abstrak di atas Bunga Rosella memang bisa dijadikan bahan terapi untuk menurunkan Hipertensi dan Hiperlipidemia. Namun disarankan untuk melakukan terapi lebih lama untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
INFORMASI: Jika Anda ingin order Bunga rosella Merah atau Ungu bisa langsung Chat WA (WhatsApp) Kami Disini atau Bisa Telpon Kami di 085330265854 (TELKOMSEL).

Belum ada Komentar untuk "Terapi Bunga Rosella untuk Menurunkan Hipertensi dan Hiperlipidemia pada Pasien Dewasa"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel